Type keyword(s) to search

Menurut Para Ahli, Rutin Makan Kacang Bisa Bikin Sperma Lebih Berkualitas

Posted on 21 March, 2017 by James S. Milliken
99 out of 100 based on 623 user ratings

Kacang adalah salah satu camilan sehat yang sering dijadikan andalan pengganjal perut. Kacang mengandung protein dan serat tinggi yang bukan cuma bikin Anda jadi lebih sehat, tapi juga kenyang lebih lama. Dibalik manfaat kacang yang menakjubkan, camilan sehat ini ternyata diam-diam menyimpan manfaat istimewa bagi kaum pria. Katanya, rutin makan kacang dapat membantu meningkatkan kesuburan pria, lho.

Makan kacang bisa meningkatkan kesuburan pria

Selama ini, Anda mungkin berpikir bahwa makan tauge sebanyak-banyaknya adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesuburan pria. Padahal, kenyataannya ini cuma mitos belaka. Justru, pria yang suka makan kacang mempunyai sperma yang lebih sehat dibandingkan pria yang jarang makan kacang.

Terobosan baru ini ditemukan oleh para ahli dari Rovira i Virgili University di Spanyol yang meneliti hampir 120 pria usia 18-35 tahun. Semua peserta dalam penelitian diminta untuk menerapkan pola makan ala barat, tapi sebagian di antaranya diberikan tambahan 60 gram atau sekitar dua genggam kacang dalam makanannya.

Setelah menerapkan pola makan tersebut dalam beberapa waktu, periset mengambil sampel darah dan sperma peserta. Lantas, dari hasil tes tersebut para ahli menemukan bahwa kacang terbukti dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal ini dapat dilihat dari parameter sperma yang terdiri dari bentuk, jumlah, dan kecepatan geraknya.

Jika ditelisik lebih dalam lagi, jumlah sperma pria yang rutin makan kacang kenari, kacang almond, dan hazelnut mengalami peningkatan hingga 16 persen. Bahkan, motilitas atau pergerakan spermanya 6 persen lebih cepat bila dibandingkan dengan pria yang tidak makan kacang.

Perlu diingat bahwa baik atau buruknya kualitas sperma pria ditentukan oleh bentuk, jumlah, dan kecepatan geraknya. Jika parameter spermanya bagus, maka ini menandakan bahwa sperma Anda berkualitas.

Bila sperma yang dimiliki pria berkualitas tinggi, maka hal ini dapat meningkatkan kesuburan pria. Dengan kata lain, sperma akan lebih mudah menembus sel telur hingga terjadi pembuahan.

Kenapa bisa begitu?

sperma bertahan hidup

Anda mungkin jadi bertanya-tanya hubungan antara makan kacang dengan kesuburan pria. Padahal, kacang hanya dianggap sebagai camilan sehat pengganjal perut dan tidak ada kaitannya dengan kualitas sperma.

Dilihat dari penelitian yang dimuat dalam jurnal European Society of Human Reproduction and Embryology tahun 2018 tadi, para ahli menggunakan kacang kenari, kacang almond, dan hazelnut. Ketiga jenis kacang tersebut ternyata mengandung berbagai zat gizi penting yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Zat gizi tersebut di antaranya protein, asam lemak omega-3, folat, antioksidan, vitamin E, seng, dan selenium. Kombinasi nutrisi inilah yang ternyata dapat membantu mematangkan sperma sekaligus melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, zat-zat gizi tersebut juga dapat mengendalikan hormon testosteron pria. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, testosteron adalah hormon seks pria yang menghasilkan sperma.

Ketika testosteron yang dihasilkan rendah, maka kuantitas dan kualitas sperma tentu akan menurun. Entah dari segi jumlah, bentuk, hingga kecepatan pergerakannya jadi kurang optimal. Sementara jika Anda rutin makan kacang setiap hari, maka hormon testosteron akan meningkat dan membuat sperma jadi lebih berkualitas.

Lantas, harus makan kacang seberapa banyak?

kacang almond

Temuan mengejutkan ini tentu menjadi angin segar bagi Anda yang ingin segera punya momongan. Terlebih bila Anda mengalami masalah kesuburan yang menyebabkan program hamil tak kunjung berhasil.

Sayangnya, tidak ada patokan khusus mengenai seberapa banyak kacang yang harus Anda makan. Para ahli justru masih ragu-ragu untuk merekomendasikan kacang sebagai solusi masalah kesuburan pria.

Para ahli sendiri masih membutuhkan studi dan analisa lebih lanjut. Pasalnya, sampel penelitian yang digunakan masih terbatas pada pria sehat dan subur, bukan pria yang punya masalah kesuburan.

Namun bagaimanapun, penelitian ini menunjukkan bahwa semua yang Anda makan dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Semakin sehat makanannya, maka kesuburan Anda pun tentu akan semakin optimal.

Maka itu, cara terbaik untuk meningkatkan kesuburan pria adalah dengan makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selain kacang, penelitian lain menunjukkan bahwa makanan tinggi antioksidan seperti wortel, ubi jalar, dan mangga dapat membuat sperma jadi lebih sehat.

Ahli gizi sekaligus pendiri layanan konseling daring Nutirition Now, Lauren Manaker, turut menganjurkan Anda untuk memperbanyak makan kacang-kacangan, seafood, daging ayam, dan makanan sumber omega-3. Semua makanan ini dinilai dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Baca Juga:

Related Images of  Menurut Para Ahli, Rutin Makan Kacang Bisa Bikin Sperma Lebih Berkualitas

Video ofMenurut Para Ahli, Rutin Makan Kacang Bisa Bikin Sperma Lebih Berkualitas

Share!

More Photos from  Menurut Para Ahli, Rutin Makan Kacang Bisa Bikin Sperma Lebih Berkualitas

You May Like Also Cara Menentukan Berat Badan Ideal