Type keyword(s) to search

Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Karena Penyakit Ginjal

Posted on 20 November, 2018 by James S. Milliken
80 out of 100 based on 819 user ratings

Sakit pinggang bisa menjadi tanda penyakit serius, salah satunya adalah adanya masalah pada ginjal. Biasanya, sakit pinggang akibat ginjal terletak di punggung bawah, tepatnya di antara tulang rusuk terendah dan bokong.

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, di bawah tulang rusuk. Ginjal kanan menggantung sedikit lebih rendah daripada ginjal kiri. Ini membuatnya lebih mungkin menyebabkan sakit pinggang jika terinfeksi, iritasi, atau meradang.

Namun, rasa sakit ini juga bisa menyerang kedua sisi tubuh. Rasa sakit ini tak jarang bisa menjalar ke bawah panggul, selangkangan, atau ke daerah perut. Sakit pinggang akibat ginjal biasanya disebabkan karena infeksi saluran kencing, infeksi ginjal, atau batu ginjal. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit pinggang akibat ginjal.

Gejala sakit pinggang akibat ginjal

penyebab sakit pinggang kanan

Sakit pinggang akibat ginjal biasanya tidak mereda walau Anda mengubah posisi Anda. Gejala lain yang muncul antara lain:

  • demam dan menggigil
  • hilang nafsu makan
  • mual dan muntah
  • sakit kepala
  • warna urine menjadi lebih keruh atau terkadang ada darahnya
  • urine berbau tidak sedap
  • merasa sangat lelah
  • sering buang air kecil atau lebih jarang dari biasanya
  • sakit saat buang air kecil

Cara meredakan sakit pinggang akibat ginjal

mengatasi sakit pinggang

Umumnya, rasa sakit pinggang akan berkurang setelah dipijat. Namun, berbeda dengan sakit pinggang akibat ginjal, jika dipijat justru akan semakin sakit karena adanya tekanan.

Lantas, bagaimana meredakan sakit pinggang akibat ginjal?

Jika sakit pinggang Anda semakin parah sehingga menganggu aktivitas sehari-hari atau disertai gejala lain seperti demam, mual, muntah, atau inkontinensia, segera periksakan ke dokter. Hal ini supaya Anda mendapatkan pertolongan medis dan perawatan yang tepat.

Sementara untuk meredakan rasa sakit pinggang akibat ginjal yang muncul tiba-tiba, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meredakan sakitnya.

  • Kompres es yang dibungkus dengan handuk bersih ke bagian pinggang yang sakit, selama 20-30 menit setiap 2-3 jam. Anda juga bisa mengganti kompres es dengan kompres panas, basahi handuk bersih dengan air panas, lalu pakai dengan cara yang sama. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Jika sakit pinggang Anda disebabkan oleh infeksi ginjal, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk menghentikan infeksi yang merusak ginjal atau menyebar ke aliran darah. Anda juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol.

Menjaga ginjal tetap sehat

minum air putih

Anda perlu menjaga kesehatan ginjal Anda dengan beberapa cara berikut.

  • Minum setidaknya 8 gelas air sehari. Ini membantu mengoptimalkan fungsi utama ginjal yaitu membuang racun di dalam tubuh.
  • Batasi asupan protein hewani serta garam.
  • Saat menggunakan kamar mandi, basuh area kelamin dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri usus besar memasuki saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  • Lakukan olahraga yang tepat. Anda bisa mencoba olahraga angkat beban dengan membungkuk rendah dan lutut dalam posisi jongkok dan pegang beban dekat ke dada Anda. Luangkan juga waktu setiap beberapa menit untuk meregangkan otot-otot yang kencang.

Baca Juga:

Related Photos of  Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Karena Penyakit Ginjal

Video ofBegini Cara Meredakan Sakit Pinggang Karena Penyakit Ginjal

Share!

More Photos from  Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Karena Penyakit Ginjal

You May Like Also Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dan Ampuh