Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/5e/1d/5e1d089eb80ae31d178d95af9cb6f755.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306

Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/45/9b/459bee35557d2d157460bfcad5977a99.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306
Bisakah Melahirkan Normal Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar? – Cara Sehat

Type keyword(s) to search

Bisakah Melahirkan Normal Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar?

Posted on 08 May, 2017 by Jamel I. Hatter
90 out of 100 based on 977 user ratings

Menghitung hari menjelang kelahiran adalah momen yang mendebarkan, tapi selalu ditunggu-tunggu oleh semua ibu hamil. Sayangnya, kadang ada saja masalah yang dialami bayi selama berada di dalam kandungan. BMC Pregnancy and Childbirth melaporkan bahwa sekitar 1 dari 3 janin terlilit tali pusar. Hal ini tentunya akan membuat Anda khawatir dan bertanya-tanya, masihkah ada kesempatan untuk bisa melahirkan normal dengan posisi janin terlilit tali pusar seperti ini?

Bahaya atau tidak kalau janin terlilit tali pusar?

Tali pusar adalah sebuah selang yang bertugas untuk menyalurkan darah, oksigen, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan kata lain, tali pusar bisa dibilang sebagai sumber kehidupan bayi agar dapat bertahan hidup selama berada di dalam kandungan.

Lilitan yang disebabkan oleh tali pusar sering kali terjadi di leher janin, meski tangan, kaki, serta anggota badan lainnya juga bisa menjadi sasaran lilitan tali pusar. Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya lilitan tali pusar di dalam kandungan tidak terlalu berbahaya.

Cairan ketuban yang mengelilingi tubuh bayi akan terus bergerak sehingga memberikan kelonggaran pada tali pusar yang melilit bayi. Di sisi lain, tali pusar normalnya dilapisi oleh selaput pelindung lunak yang disebut jelly Wharton. Tujuannya untuk mencegah agar tali pusar tidak melilit tubuh bayi terlalu kuat, yang ditakutkan bisa membahayakan pembuluh darah bayi ketika sedang aktif bergerak.

Namun dalam kasus lain, jika tekanan yang diberikan tali pusar ketika melilit tubuh janin terlalu kencang, tentu akan berbahaya bagi kesehatan janin. Karena secara otomatis, asupan nutrisi, darah, dan oksigen yang seharusnya diterima bayi menjadi terganggu sehingga menghambat tumbuh kembangnya di dalam kandungan.

ngeden mengejan saat melahirkan

Apakah bisa melahirkan normal dalam kondisi ini?

Kebanyakan ibu hamil berpikiran bahwa kondisi janin terlilit tali pusar, mau tidak mau harus dilahirkan melalui operasi caesar. Harapan Anda untuk melahirkan normal pun mungkin pupus begitu saja. Padahal, sebenarnya tidak selalu.

Mengutip dari laman detik Health, dr. Andriana Kumala Dewi, SpOG, seorang Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Bethsaida, Tangerang, menuturkan bahwa ketika janin terlilit tali pusar maka kelahiran tidak harus selalu dilakukan dengan cara operasi caesar.

Menurutnya, selaput pelindung yang melapisi tali pusar itu seperti jeli sehingga akan membuat tali licin dan bisa dilepas. Jadi masih memungkinkan bayi lahir dengan proses normal. Dengan catatan, hal ini bisa dilakukan jika hanya ada satu lilitan pada tubuh janin, sehingga mudah dilepaskan saat proses persalinan.

Sementara, bila lebih dari satu lilitan, maka penanganannya akan berbeda. Kondisi ini biasanya tidak memungkinkan bayi untuk lahir normal, sehingga dokter akan menyarankan Anda untuk menempuh operasi caesar guna mencegah terjadinya komplikasi selama kelahiran.

Pasalnya, lilitan terlalu kuat dan banyak yang dialami oleh bayi berisiko melemahkan detak jantung dan menghambat aliran darahnya. Itu sebabnya, dokter akan menganjurkan agar ibu melakukan USG menjelang persalinan guna melihat sudah sejauh mana perkembangan bayi. Hal ini sekaligus menentukan metode persalinan yang tepat sesuai kondisi ibu dan bayinya.

Sebenarnya, janin terlilit tali pusar bisa segera diatasi

Anda tidak perlu cemas, karena pada dasarnya lilitan tali pusar tidak membahayakan kesehatan bayi selama bisa ditangani dengan baik. Jarang ada komplikasi serius yang terjadi ketika janin terlilit tali pusar, dilansir dari Healthline.

Maka itu, penting untuk rutin cek dan kontrol dengan dokter kandungan guna memantau kondisi bayi dan tubuh Anda, terutama mendekati hari kelahiran tiba. Dengan begitu, masalah yang muncul di akhir masa kehamilan bisa diatasi secepat mungkin.

Baca Juga:

Related Photos of  Bisakah Melahirkan Normal Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar?

Video ofBisakah Melahirkan Normal Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar?

Share!

More Wallpaper from  Bisakah Melahirkan Normal Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar?

You May Like Also Cara Merawat Wajah Alami