Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/1a/c1/1ac13c78cd1e19a916612879ae7ee1f7.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306

Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/33/a6/33a665750465724d22c56d5b7100a819.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306
Kenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual? – Cara Sehat

Type keyword(s) to search

Kenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual?

Posted on 23 October, 2017 by Fred H. Kitterman
85 out of 100 based on 744 user ratings

KB suntik adalah salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih karena hasilnya cukup efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, sama seperti alat kontrasepsi lainnya, KB suntik juga memiliki efek samping. Efek KB suntik yang cukup banyak dirasakan yaitu perut kembung dan juga mual.

Penyebab perut kembung dan mual setelah suntik KB

perut kembung saat haid

KB suntik adalah alat kontrasepsi yang mengandung progestin, yaitu bentuk hormon buatan dari progesteron. KB suntik bekerja dengan cara menekan ovulasi (pelepasan sel telur). Sel telur pun tidak akan dilepaskan sehingga tidak bisa dibuahi setiap bulannya. Tak hanya itu, suntik KB juga mengentalkan lendir pada leher rahim sehingga sperma tidak bisa mencapai sel telur.

Meski bermanfaat untuk mencegah kehamilan, alat kontrasepsi yang satu ini juga menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Ada banyak wanita yang mengalami perut kembung dan mual setelah suntik KB. Apa penyebabnya? Menurut dr. Jason James dari Miami, Amerika Serikat, perut yang kembung disertai kram dan mual adalah keluhan awal yang memang biasanya dirasakan oleh orang yang baru saja melakukan suntik KB.

Ketika tingkat hormon progesteron di tubuh meningkat, sistem pencernaan akan melambat. Karena itu, gerak makanan di usus jadi lebih lambat dari biasanya. Akibatnya masalah pencernaan seperti kembung bisa terjadi.

Selain itu, kandungan hormon progesteron di dalam KB suntik juga bisa membuat tubuh menumpuk cairan. Kelebihan cairan ini biasanya disimpan di payudara, pinggul, dan juga paha. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa kelebihan cairan juga akan disimpan di perut. Alhasil, perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Kondisi ini juga muncul karena tubuh berusaha menyesuaikan diri dengan tambahan hormon progesteron yang disuntikkan ke dalam tubuh. Ketika tubuh telah mulai terbiasa, berbagai efek samping ini perlahan akan mulai menghilang. Jadi, Anda tak perlu khawatir karena biasanya efek KB suntik seperti mual dan juga perut kembung perlahan akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Berapa lama efek KB suntik akan dirasakan?

mengatasi mual mencegah muntah

Dikutip dari Very Well Health, umumnya dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan KB suntik yang baru saja Anda lakukan. Selain mual dan perut kembung, di awal-awal Anda juga akan mengalami perdarahan yang berkepanjangan atau tidak teratur.

Tak usah panik, gejala ini sangat normal dirasakan oleh orang yang baru saja melakukan suntik KB. Namun, jika perdarahan tak kunjung berhenti dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter.

Selain itu, beberapa efek samping lainnya yang bisa Anda alami, yaitu:

  • Timbulnya reaksi kulit tertentu seperti ruam
  • Berat badan naik
  • Gairah seksual menurun
  • Kepadatan tulang menurun
  • Selera makan meningkat
  • Payudara terasa kencang dan nyeri
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala

Saat tubuh mulai terbiasa dengan progestin, efek samping ini lama-lama akan terus berkurang dan hilang dengan sendirinya. Untuk mengurangi mual dan perut kembung, Anda bisa berbaring dan minum air hangat untuk membantu menenangkan perut.

Baca Juga:

Related Pictures of  Kenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual?

Video ofKenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual?

Share!

More Wallpaper from  Kenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual?

You May Like Also Berat Badan Turun 8 Kg