Type keyword(s) to search

Menguak Manfaat Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

Posted on 15 December, 2017 by Fred H. Kitterman
91 out of 100 based on 538 user ratings

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Selain dapat membuat Anda terhibur, musik memiliki manfaat untuk kesehatan banyak orang. Mendengarkan musik bisa meredakan stres, mengatasi sakit kepala kronis, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, salah satu penelitian mengungkapkan bahwa terapi musik bisa bermanfaat untuk pasien multiple sclerosis (MS).

Sebuah artikel dari Department of Veterans Affairs, Amerika Serikat yang berjudul “Terapi Musik dalam Multiple Sclerosis” mempelajari musik dan ilmu saraf di St. Olaf College. Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa ada banyak manfaat dari terapi musik, yang dapat mendorong gerakan tubuh dan memberikan manfaat lain untuk hidup.

Terapi musik membantu meredakan gejala multiple sclerosis

Musik membantu pasien multiple sclerosis untuk mengatasi atau mengurangi gejalanya. Leavitt dan Tunick menerbitkan sebuah artikel di Journal of American Medical Association Neurology yang membahas bagaimana musik dapat digunakan sebagai terapi untuk membantu pasien MS.

Musik sebagai aktivitas terapeutik memiliki banyak manfaat dalam menyatukan keterampilan motorik, kognitif, kreativitas, konsentrasi, interaksi sosial, dan mengelola sensorik.

Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Caitlin Hyatt, seorang terapis musik neurologis mengatakan bahwa ada tiga area yang menjadi fokus selama pengobatan untuk pasien MS yaitu gerakan, ucapan dan bahasa, serta kognisi.

Berkat ritmenya, musik bisa merangsang beberapa area otak yang bertanggung jawab untuk mengatur gerakan tubuh. Hyatt mengatakan hal ini dapat membantu orang dengan MS dalam meningkatkan kecepatan gerak, mengatur banyaknya langkah dalam berjalan, menjaga keseimbangan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terapi musik juga dapat dilakukan pada orang yang memiliki keterampilan motorik yang lemah. Melakukan gerakan berulang bersama dengan suara melodi dapat meningkatkan koordinasi dan konsentrasi. Melakukan gerakan berulang ini dapat memengaruhi daya tahan dan membantu menciptakan gaya berjalan yang lebih baik.

Umumnya, para terapis musik sering menggunakan instrumen dalam sesi pengobatan, seperti piano. Instrumen piano membantu mengatasi ketangkasan jari dan kekuatan motorik halus. Instrumen sangat baik karena memberikan umpan balik bagi pendengaran pasien dan memotivasi pasien untuk bermain.

terapi musik untuk pasien alzheimer

Terapi musik mengubah hidup pasien multiple sclerosis

Bagi pasien MS, mendengarkan musik setiap hari memberikan kekuatan dan membantu mengatasi dampak dari multiple sclerosis. Meskipun pasien MS tahu bahwa musik tidak bisa menyembuhkannya.

Terapi musik dapat digunakan untuk mengatasi dampak yang terkait dengan kondisi pasien MS. Melalui melodi, ketukan alat musik, dan liriknya, musik memiliki kekuatan untuk memotivasi, menghibur, menginspirasi, dan memberi energi.

Selain itu, lantunan melodi dan liriknya juga dapat melepaskan amarah, luka batin, dan menghibur semua orang pada saat yang sama.

Terapi musik membantu memperbaiki tutur bicara

Multiple sclerosis bisa membuat tutur kata menjadi tidak jelas, seolah-olah pasien sedang bicara meracau. Dengan melakukan terapi musik, kata-kata yang sulit diucapkan dapat dengan mudah dikomunikasikan ketika dibarengi dengan musik.

Menyanyi juga dapat membantu pasien MS meningkatkan pernapasan, pelafalan kata, dan memilih kosakata serta menyusun kalimat.

Baca Juga:

Related Images of  Menguak Manfaat Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

Video ofMenguak Manfaat Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

Share!

More Photos from  Menguak Manfaat Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

You May Like Also Wanita Dan Kesehatan