Type keyword(s) to search

Sudah Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terserang Kedua Kalinya?

Posted on 02 April, 2018 by James S. Milliken
91 out of 100 based on 896 user ratings

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Notice: Undefined index: items in /var/www/html/lang/application/functions/shortcodes.php on line 482

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster. Siapa pun yang terkena virus tersebut bisa terserang cacar air, terutama pada usia anak-anak. Banyak anggapan yang beredar bahwa tidak mungkin kena cacar dua kali jika sebelumnya sudah pernah mengalaminya. Benarkah demikian?

Bagaimana cacar air bisa menular?

Penularan cacar air terbilang sangat mudah ketika Anda melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang cacar air, misalnya dengan menyentuh luka, kulit, atau barang-barang yang terkontaminasi dengan cairan dari lepuhan cacar air tersebut.

Bukan hanya itu, virus penyebab cacar air juga dapat terbawa bersama angin atau udara sehingga kemudian masuk ke dalam tubuh Anda. Artinya, percikan air yang keluar dari batuk, bersin, maupun napas penderita cacar air sudah berisiko menularkan virus pada orang-orang yang belum pernah mengalami cacar air.

Itu sebabnya, orang yang cacar air dianjurkan sebisa mungkin dipisahkan dulu ruangannya dengan orang yang belum pernah terkena cacar air. Pasalnya, virus dapat dengan mudah terbawa oleh angin karena berada di dalam ruangan yang sama dengan sumber udara yang sama pula.

Apa gejala yang muncul saat terserang cacar air?

Setelah tubuh Anda terpapar virus cacar air, gejala tidak langsung muncul begitu saja. Butuh sekitar 7-21 hari untuk virus berkembang di dalam tubuh sampai akhirnya menimbulkan gejala, berupa:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan

Sekitar 1-2 hari setelah tanda tersebut muncul, gejala khas cacar air berupa ruam kemerahan pun mulai berkembang secara perlahan. Di awali dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh, yang kemudian berkembang menjadi benjolan merah.

Beberapa hari setelahnya, benjolan tersebut mulai berubah menjadi lenting yang berisi cairan. Lenting cacar air tersebut biasanya akan sangat gatal sehingga membuat Anda gemas untuk menggaruknya. Perlu diingat, tidak boleh asal menggaruk cacar air karena justru dapat menimbulkan luka yang berbekas sehingga sulit dihilangkan.

Sebaiknya, tunggu sampai seluruh ruam dan lenting cacar air tersebut pulih dengan sendirinya.

cacar air

Mungkinkah kena cacar dua kali?

Rata-rata orang yang sudah pernah mengalami cacar air disebut memiliki kekebalan seumur hidup sehingga tidak akan mengalaminya kembali. Namun dalam beberapa kasus, tidak menutup kemungkinan virus tersebut bisa masuk ke dalam tubuh Anda dan menimbulkan gejala cacar untuk yang kedua kalinya.

Meski begitu, kondisi cacar dua kali ini tidak ditularkan dari virus seseorang yang sedang terkena cacar air, kondisi ini disebut dengan herpes zoster, dilansir dari laman NHS UK. Begini, setelah Anda terkena dan sembuh dari cacar air, virus cacar air sebenarnya belum sepenuhnya hilang.

Virus tersebut masih menetap di dalam tubuh tapi dalam keadaan “tidur” atau tidak aktif. Anda dikatakan terkena cacar dua kali ketika virus tersebut “terbangun” atau hidup kembali  di dalam tubuh.

Virus cacar air yang aktif kembali ini akan menimbulkan gejala herpes zoster. Gejala herpes zoster hampir mirip dengan infeksi varicella zoster, tapi salah satu yang membedakannya adalah pola lokasi lentingnya.

Pada cacar air, biasanya lenting terjadi hampir seluruh tubuh, sedangkan pada infeksi herpes zoster biasanya tidak timbul lenting pada seluruh tubuh, namun pola lenting mengikuti dermatom (pola persarafan) tubuh.

Kenapa cacar air bisa terulang kembali?

Beberapa faktor berikut ini bisa jadi penyebab mengapa Anda mengalami cacar dua kali:

  • Cacar air pertama terjadi di usia kurang dari 6 tahun
  • Cacar air pertama sangat ringan
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Meski banyak anggapan yang mengatakan bahwa anak-anak yang sudah pernah terkena cacar air tidak akan mengalaminya kembali, penting untuk tetap mempertimbangkan  vaksinasi. Terutama ketika cacar air muncul di usia yang sangat dini dan tidak terlalu parah. Jadi, peluang untuk terkena cacar air kedua kalinya pun lebih kecil.

Baca Juga:

Related Wallpaper of  Sudah Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terserang Kedua Kalinya?

Video ofSudah Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terserang Kedua Kalinya?

Share!

More Photos from  Sudah Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terserang Kedua Kalinya?

You May Like Also Menurunkan Berat Badan 8 Kg