Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/42/c2/42c21664b928b1f4d00f8eb884d0d031.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306

Warning: fopen(/tmp/phpfastcache/langsingo.com/Files/3c/40/3c4027a7a47e414f58128f361fb5c0fd.txt): failed to open stream: No space left on device in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 304

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 305

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /var/www/html/lang/system/libraries/phpfastcache/vendor/phpfastcache/phpfastcache/src/phpFastCache/Core/Pool/IO/IOHelperTrait.php on line 306
Tahap Penyakit Alzheimer, dari Stadium Awal Hingga Lanjut – Cara Sehat

Type keyword(s) to search

Tahap Penyakit Alzheimer, dari Stadium Awal Hingga Lanjut

Posted on 06 November, 2018 by Lena L. Johnson
91 out of 100 based on 685 user ratings

Anda sering lupa? Hati-hati dengan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer ini umumnya ditandai dengan penurunan daya ingat. Penyakit Alzheimer merupakan penyebab paling umum dari demensia. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata penyakit ini memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda? Penyakit ini mungkin dimulai sebelum gejala mulai tampak sampai tidak bisa beraktivitas seperti dulu lagi. Seperti apa tahapannya? Yuk, simak apa saja tahap penyakit Alzheimer berikut ini.

Tahap 1: Gejala belum tampak

Pada tahap paling awal ini, orang dengan penyakit Alzheimer belum memperlihatkan gejala-gejala atau keluhan apa pun. Perilakunya juga normal dan masih mampu melakukan kegiatan sehari-hari. Melalui pemeriksaan lanjutan seperti PET (positron emission tomography)scan, penyakit ini baru bisa dideteksi. Terdapat perubahan pada otak yang dapat memperlihatkan adanya penyakit Alzheimer.

Tahap 2: Penurunan fungsi otak yang sangat ringan

Pada tahap penyakit Alzheimer ini, dapat ditemukan penurunan fungsi otak yang sangat ringan. Sebagai contoh, seseorang sudah mulai lupa akan hal-hal yang kecil seperti letak barang-barang.

Akan tetapi, pada tahap ini, gejala belum dapat dibedakan dengan penurunan daya ingat yang normal akibat penuaan. Adanya penurunan fungsi otak yang sangat ringan tersebut belum menganggu hidup seseorang untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari secara mandiri.

Tahap 3: Penurunan yang ringan

Pada tahap ini, Anda mulai mengenali adanya perubahan yang bermakna dari pasien Alzheimer seperti melupakan sesuatu yang baru dibaca, menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali, memiliki kesulitan untuk membuat rencana atau mengatur sesuatu, dan kesulitan dalam menghafal nama orang yang baru ditemui.

Tahap 4: Penurunan yang sedang

Pada tahap ini, perubahan yang terjadi pada tahap sebelumnya lebih terlihat jelas. Selain itu, terdapat masalah lainnya dalam hal melakukan kegiatan sehari-hari. Beberapa gejala yang dapat timbul yaitu kesulitan dalam mengingat hal yang belum lama terjadi, kesulitan untuk mengatur keuangan dan membayar tagihan, dan lupa terhadap hal-hal mendetail.

Tahap 5: Penurunan sedang-berat

Pada tahap kelima ini, penderita Alzheimer mulai memerlukan seseorang untuk membantunya melakukan kegiatan sehari-hari. Pada tahap ini, penderita Alzheimer mengalami kesulitan mengenakan pakaian dengan benar, tidak mampu mengingat hal sederhana mengenai dirinya seperti nomor teleponnya sendiri, dan sering kali mengalami kebingungan.

Pada tahap penyakit Alzheimer ini, pasien masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi dan pergi ke toilet sendiri. Mereka biasanya juga masih mengingat dan mengenali anggota keluarganya. Mereka juga dapat mengingat kejadian di masa lalu mereka seperti kejadian saat mereka masih muda.

Tahap 6: Penurunan yang berat

Penderita Alzheimer pada tahap keenam ini membutuhkan pengawasan dari orang lain. Gejala yang muncul di antaranya sering kali merasa linglung dan bingung, tidak mengenali orang lain kecuali keluarga dekat atau teman yang dekat, tidak ingat riwayat masa lalunya, tidak bisa mengendalikan dorongan buang air kecil dan besar, serta mengalami perubahan dalam sifat dan perilaku.

Diperlukan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi dan pergi ke toilet. Selain itu, mungkin muncul delusi pada penderita Alzheimer. Sebagai contoh, pasien mungkin siap-siap berangkat kerja padahal sebenarnya sudah tidak bekerja lagi.

Tahap 7: Penurunan yang sangat berat

Pada tahapan yang paling berat ini, terjadi keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, berjalan, maupun duduk. Mereka juga mengaami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang di sekitar mereka. Penderita Alzheimer perlu mendapatkan perhatian khusus dari seseorang yang mau mengawasi dan membantunya melakukan kegiatan sehari-hari. Pada tahap yang paling akhir ini, penderita Alzheimer bahkan bisa kehilangan kemampuan mereka untuk menelan makanan.

Baca Juga:

Related Wallpaper of  Tahap Penyakit Alzheimer, dari Stadium Awal Hingga Lanjut

Video ofTahap Penyakit Alzheimer, dari Stadium Awal Hingga Lanjut

Share!

More Wallpaper from  Tahap Penyakit Alzheimer, dari Stadium Awal Hingga Lanjut

You May Like Also Tinggi Dan Berat Badan Ideal